Other Related

Other Link

Cari Disini Selengkapnya

Custom Search

08 Juni 2009

Praktikum1 Konsep Database dan PengenalanAccess

A. TUJUAN
1. Menjelaskan tentang Konsep Database
2. Mengenalkan Microsoft Access

B. DASAR TEORI
B.1. Perlunya Data
Data diperlukan dalam segala hal, baik berupa pengukuran, pencatatan, pengumpulan informasi, maupun pengambilan keputusan semuanya memerlukan data. Dengan kata lain data sangat dibutuhkan karena informasi yang ada akan memberikan arti yang sangat penting baik untuk saat ini maupun untuk akan datang.
B.2. Pengertian Database
Database adalah suatu kumpulan data-data yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk informasi yang sangat berguna. Database terbentuk dari sekelompok data-data yang memiliki jenis/sifat sama. Contohnya : data mahasiswa, data dosen, dll.
Demikian juga, kumpulan dari data-data mahasiswa, data-data dosen, data-data keuangan dan lainnya dapat dikumpulkan lagi menjadi kelompok besar, misalkan data-data politeknik elektronika. Bahkan dalam perkembangannya, data-data tersebut dapat berbentuk berbagai macam data, misalkan dapat berupa program, lembaran-lembaran untuk entry (memasukkan) data, laporan-laporan. Kesemuanya itu dapat dikumpulkan menjadi satu yang disebut dengan database.
PRAKTIKUM 1 KONSEP DATABASE DAN PENGENALAN ACCESS

B.3. Definisi Dasar
Database: Sekumpulan data yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan.
Data: fakta-fakta yang dapat disimpan dan mempunyai arti tertentu
Tabel : Tempat untuk menyimpan data, tabel terdiri dari field dan record
Field : disebut juga dengan kolom, yaitu bagian tabel tempat menyimpan sebuah item data.
Record : disebut juga dengan baris, yaitu satu bagian informasi yang disimpan dalam tabel,
misal data seorang mahasiswa akan disimpan dalam satu record yang terdiri dari beberapa
kolom/field

B4. Mengenal Microsoft Access
Microsoft Access adalah salah satu dari Relasional Database Management System (DBMS). DBMS adalah sebuah program yang memiliki fasilitas penyimpanan dan pemanggilan struktur informasi pada sistem komputer.
Selain tabel, sebuah file database Access juga berisi bermacam-macam obyek database yang lain diantaranya:
queri untuk mengorganisasi data,
forms untuk berinteraksi dengan data pada layar,
reports untuk mencetak hasil,
macros dan program Visual Basic untuk memperluas fungsionalitas dari aplikasi

database. Semua obyek ini disimpan dalam file .mdb.
B.5. Pembuatan Database di Access
Dalam Access, ada 3 (tiga) cara untuk membuat database
Membuat database baru
Pilihan yang digunakan adalah : Blank Access database

Menggunakan database wizard
Pilihan yang digunakan adalah : Access database wizard, pages and projects.

Menggunakan database yang sudah pernah dibuat
Pilihan yang digunakan adalah : Open an existing file


PRAKTIKUM 1 KONSEP DATABASE DAN PENGENALAN ACCESS

C. TUGAS PENDAHULUAN
1. Jelaskan pengertian tentang konsep Database dan definisi dasarnya
2. Berikan ilustrasi komponen tabel yang terdiri dari field (kolom) dan record (baris)

D. PERCOBAAN
Jalankan Microsoft Access dan buat database baru dengan nama Penjualan.mdb. Kerjakan sesuai dengan petunjuk langkah-langkah berikut :
Langkah-langkah untuk menjalankan microsoft access adalah :
Siapkan instalasi Microsft Acces yang merupakan satu paket dengan Microsoft Office.
Pilih menu Microsft Acces pada menu yang tersedia dalam windows.


PRAKTIKUM 1 KONSEP DATABASE DAN PENGENALAN ACCESS

Kemudian pilih Blank Database untuk membuat database yang baru.

Maka akan muncul dialog seperti dibawah ini, artinya simpan database baru dengan nama yang sesuai dengan informasi yang akan dibangun serta letakan pada folder directory yang telah disiapkan.
Akan dibuat database baru dengan nama Penjualan.mdb pada folder My Documents
Pilih object yang diinginkan
Jika ingin membuat table, maka pilih object table dan pilih create table


PRAKTIKUM 1 KONSEP DATABASE DAN PENGENALAN ACCESS

Jika ingin membuat table, jika ingiin membuat Query maka juga pilih object Query dan seterusnya.
E. LAPORAN RESMI
1. Lakukan instalasi Microsoft Access, lakukan customize bila perlu.
2. Buat Folder baru, dengan nama DataBase1 serta buat subdirectory Laporan, Form dan Gambar dari Database1.
3. Buat database baru dengan nama: Perpustakaan

Tidak ada komentar: